Artikel Pilihan Editor

Tak Ada Referendum Untuk Papua, Tegas Wiranto
Wiranto
Wiranto

Tak Ada Referendum Untuk Papua, Tegas Wiranto

Batampro, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, menegaskan tak akan ada referendum dalam penuntasan gejolak di Papua.

"Kesepakatan kita tidak bicara referendum. NKRI harga mati. Sudah kesepakatan kita bersama, keputusan PBB. Irian Barat, Papua, Papua Barat jadi bagian sah dari Indonesia," ujarnya di Jakarta baru-baru ini.

Ia menambahkan, pemerintah memang tengah gencar melakukan dialog dengan berbagai tokoh Papua untuk memulihkan situasi. Namun tidak akan ada ruang bagi referendum.

"Dalam forum itu bukan salah menyalahkan tapi bicara bagaimana segera kita bisa menghentikan kerusuhan, situasi menegangkan, situasi yang panas ini. Bisa masuk suasana damai sehingga dialog bisa dilakukan," jelasnya.

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut banyak hal yang disampaikan oleh tokoh-tokoh Papua. Namun hal tersebut tidak akan bisa dilakukan jika Papua tidak kondusif.

"Karena saat bertemu tokoh banyak yang disampaikan. Tidak mungkin bisa dilakukan kalau rusuh. Jadi tenang dulu baru bisa dialog," katanya.


Komentar